shalat

Nah, setelah kita melihat aktivitas Rasulullah, kebiasaan – kebiasaan beliau pada istri dan anaknya, sekarang mari kita lihat aktivitas beliau pada malam harinya. Tetap tenang dan perhatikan dengan seksama….

  • Tidur Rasulullah

Beliau memberi petunjuk pada umat islam,

“Bila kamu hendak tidur, berwudhulah kamu sebagaimana kamu berwudhu untuk shalat dan miringkan lah badanmu pada sisi sebelah kanan.” (Muttafaqun’alaih)

Dan Diriwayatkan pula oleh Aisyah,

“Rasulullah apabila naik ke tempat pembaringan setiap malam, menyandingkan kedua belah tangannya serta meniupnya, dan dibacakan diantaranya surat al-ikhlas, al-Falaq, an-Naas, kemudian beliau mengusap dengan kedua belah tangan itu, seluruh tubuhnya. Mulai dari kepala, wajah dan anggota lain yang bisa diusap. Rasulullah mengulanginya sebanyak 3 kali.” (HR Bukhari)

Tempat tidur Rasulullah adalah tempat yang sangat sederhana. Diriwayatkan dari Aisyah r.a.,”Tempat dimana Rasulullah tidur di atasnya hanyalah sebuah tikar sederhana yang terbuat dari kulit yang diisi dengan sabut.” (HR Imam Ahmad)

  • Bangun Di Tengah Malam

Rasulullah di tengah malam, bangun dan menghidupkan malam-malamnya dengan bermunajah kepada Alloh. Abu

Abu Hurairah menceritakan, Rasulullah selalu shalat malam sampai kakinya bengkak. Kemudian Aisyah bertanya,”Mengapa engkau melakukannya sampai begitu padahal dosa-dosamu sudah diampuni oleh Alloh?” Apa jawab beliau? “Tidak bolehkah aku menjadi hamba yang bersyukur?” (HR Ibnu Majah)

Jika shalat malam (sunnah) sendirian bukan main lamanya, tetapi kalau shalat fardhu di masjid berjamaah, beliau mempercepat shalatnya karena memahami keadaan makmumnya yang beragam.

Berkatalah Huzaifah Ibnul Yaman, “Aku pernah shalat bersama nabi (shalat malam). Beliau membaca surat Al Baqarah, lalu ruku’ ketika sampai pada ayat yang ke seratus. Lalu bangun dan menamatkannya pada rakaat yang kedua. Kemudian bangun lagi dan membaca Ali Imran, Lalu An Nisaa’. Kalau ada ayat tasbih, beliau bertasbih. Kalau membaca ayat doa, beliau berdoa. Lalu ruku’ lama sekali, lalu bangun dan diam agak lama kemudian sujud lama sekali, hampir sama dengan bangunnya.” (HR Bukhari)

  • Setelah Fajar Menyingsing dan Shalat Dhuha

Malam telah berlalu, cahaya fajar mulai membuka lembaran hari. Setelah shalat subuh berjamaah, beliau duduk berdzikir sampai matahari terbit.

Dalam hadist diriwayatkan oleh Anas, Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa shalat subuh berjama’ah, lalu duduk berdsikir kepada Alloh sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka dia mendapat pahala haji dan umrah. Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR Muslim)

Ketika pagi telah beranjak siang dan matahari sudah mulai menampakkan wajahnya, dan sinarnya sudah menyapa wajah-wajah penduduk Madinah, itulah waktu dhuha. Waktu memulai segala aktivitas dunia, waktu kerja dan beramal shaleh. Rasulullah menggunakan waktu ini untuk menerima tamu (utusan), mengajar dan silaturahim.

Aisyah ditanya,”Apakah Rasulullah shalat dhuha?” Jawabnya,

“Ya, sebanyak 4 rakaat, dan beliau menambah lagi berapa saja yang beliau mau.” (HR Muslim)

Pernah beliau berpesan pada Abu Hurairah, yang kemudian diceritakannya kepada kita,

“Kekasihku Rasulullah berwasiat kepada kita, tiga perkara : pertama, berpuasa 3 hari tiap bulan. Kedua, 2 rakaar dhuha. Ketiga : Hendaklah shalat witir sebelum tidut.” (HR Tirmidzi)

Nah, itu tadi wisata ruhani kita, melihat kebiasaan-kebiasaan dan lingkungan Rasulullah. Subhanalloh sekali bukan….? Semoga kita bisa meneladani beliau. Kesederhanaannya, kasih sayangnya, keta’atannya, tawadhu’nya, keberaniannya dan masih banyak lagi. Semoga wisata rukhani di dunia maya ini, dapat memebrikan inspirasi dan menambah keimanan dan dan pengingatan pada kita semua. Amin.

Wallohu’alam bis showab.

2 Thoughts on “Mengenal Rasulullah (Tidur, shalat malam dan dhuha)

  1. blog anda bagus>>>

    saya ajungi jempol!!!!

    dan saya hanya sekedar mampir ya sekalian blogwalking!!!

    jika bernit liat blog saya kunjungin balik jja!!!!

  2. muhammad ichsan on October 26, 2011 at 4:29 pm said:

    goood letter….

    ttp brkreasi!!!
    thanks!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation