Assalamu’alaykum…

Saudaraku semua, terkadang kita bingung ketika disuruh mengajar baik itu anak-anak atau orang dewasa sekalipun, di saat yang kita ajarkan itu adalah materi yang sangat panjang dan bisa jadi sangat membosankan. Oleh karena itu, perlu adanya suatu inovasi dalam metode pengajaran.

Saya ingin menshare pengalaman saya ketika mengajar materi agama islam kepada adek-adek TPA maupun adek-adek mahasiswa baru. Buka berarti saya pandai mengajar, tentu tidak…. karena saya juga masih tahap belajar.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa pun ternyata tidak terlalu menyukai penyampaian materi yang monoton dan hanya mendengarkan, apalagi anak-anak. Ketika anak itu aktif bertanya, maka akan menjadi diskusi yang sangat menyenangkan. Namun jika anak tersebut cenderung pasif, maka kita perlu memancing dengan sedikit games untuk mencairkan suasana.

Kali ini saya ingin menawarkan sebuah cara pembelajaran melalui TTS (Teka-Teki Silang). Bagaimana maksudnya?

Anak didik terkadang malas ketika diberi tugas, apalagi jika tugasnya banyak dan waktunya singkat. TTS adalah salah satu cara yang saya gunakan untuk memberi mereka tugas namun tidak membosankan, justru malah ingin cepat menyelesaikan. Dan tidak ada salahnya jika kita memberi reward untuk hasil terbaik. Di sini saya akan memberikan contoh TTS Islami yang coba saya buat untuk adek-adek binaan saya, bagi yang berminat silakan bisa mendownload,, Download TTS Islami

Tentu saja teman-teman bisa lebih kreatif dalam membuatnya, dan semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan menambah khasanah metode pengajaran baru, yang dapat dicoba untuk diterapkan ke adek-adek didiknya.

wallohu’alam.

belajar-islam

 

 

 

 

 

Penulis : Aptika Oktaviana TD

Bekonang, 3 April 2010

2 Thoughts on “Belajar Islam Jadi Menyenangkan

  1. Bu…kalo TTS nya saya buat animasi flashnya ?

  2. Ya, silakan Pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation